Ryzal04

About

Latar Belakang Pemberontakan Andi Aziz

Latar Belakang Pemberontakan Andi Aziz




  • Adanya konflik di Sulsel pada bulan April 1950
  • Demonstarsi dari kelompok masyarakat yang anti federal
  • Terjadi konflik dari kelompok yang mendukung terbentuknya negara federal
  • Mempertahankan berdirinya Negara Indonesia Timur.
  • Menentang campur tangan pasukan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat) terhadap konflik di Sulawesi Selatan.
  • Menuntut bahwa keamanan di Negara Indonesia Timur hanya merupakan tanggung jawab pasukan bekas KNIL saja.
Pada tanggal 5 April 1950, anggota pasukan Andi Azis menyerang markas Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertempat di Makassar, dan mereka pun berhasil menguasainya
Andi Azis bahwa setiap 4 x 24 Jam ia harus melaporkan diri ke Jakarta untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang sudah ia lakukan
Andi Aziz ke Jakarta setekah didesak oleh Sukawati, Presiden dari Negara NIT untuk laporan
Para anggota KL-KNIL memprovokasi dan memancing emosi yang menimbulkan terjadinya bentrok antara pasukan KL-KNIL dengan pasukan APRIS.
Pada tanggal 30 Januari 1984 seluruh keluarga dari Andi Azis diselimuti oleh duka yang mendalam karena kepergian sang Kapten, Andi Abdoel Azis. Di usianya yang sudah menginjak 61 Tahun, ia meninggal di Rumah Sakit Husada Jakarta karena serangan jantung yang dideritanya. 

Hikmah Di Balik Pemberontakan Andi Aziz
Seorang Andi Azis patut kita jadikan sebagai bahan pembelajaran bahwa kita selama hidup di dunia ini jangan terlalu percaya sama apa yang orang lain katakan, percayalah kepada hati nurani, jangan terlalu percaya sama orang lain karena orang itu belum tentu bisa mengajak kita ke jalan yang benar dan mungkin malah mengajak kita untuk berbuat salah. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita harus berwaspada dan berhati-hati dalam mempercayai orang lain.

0 Response to "Latar Belakang Pemberontakan Andi Aziz"

Post a Comment

wdcfawqafwef