Ryzal04

About

Cara merawat Hard Disk

Cara merawat hard disk internal atau external laptop komputer anda agar tidak cepat rusak



1. Jangan menyimpan file atau document sampai membuat kapasitas hard disk anda penuh, apalagi di drive c atau system komputer anda, karena akan membuat kinerja komputer anda akan menurun karena kehabisan ruang memory atau disk space.

2. Jangan terlalu banyak membuat partisi hardisk anda biasanya partisi yang dianjurkan sampai 3 partisi seperti DRIVE C untuk system, DRIVE D untuk file anda dan 1 lagi DRIVE E untuk file anda yang lain.
fungsinya untuk membagi atau ,memisahkan file file anda.

3. Jangan terlalu sering menginstal ulang atau memformat hard disk anda, karena akan memperpendek umur hard disk anda.

4. Jangan mematikan komputer anda tanpa mengunakan tombol shut down, karena mematikan komputer atau laptop secara paksa dengan menekan tomboll power off akan cepat merusak hardisk anda bayangkan saja ketika hardisk kita sedang berputar atau sedang berjalan dan membaca lalu dengan seketika di matikan tanpa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan atau terbaca oleh hardisk maka hardisk tersebut akan shock dan mmembuat nyaa menjadi bad sector.
 jadi matikanlah laptop anda dengan menggunakan tombol shutdown agar tidak merusak hard disk anda.

5. Jangan menggunakan laptop anda di atas kasur ataupun yang menyerap panas karena suhu yang panas juga akan membuat hard disk cepat rusak dan juga hang. jadi gunakan lah laptop diatas meja ataupun pada area yang tidak menyerap dan membuat panas laptop anda.

6. Gunakanlah aplikasi antivirus untuk memindai dan menghapus virus untuk menjaga komputer dan hardisk anda aman dari serangan virus berbahaya yang menyebabkan kinerja komputer anda buruk dan merusak sistem dan hardisk. karena virus juga merupakan salah satu penyebab hardisk anda rusak.

7. Gunakanlah aplikasi defragment untuk mendefrag hardisk anda dan mmenghindari fragmentasi yangg bisa membuat kinerja hardisk atau komputer anda menurun. akan tetapi anda harus teratur dalam menggunakannya karena kalau terlalu sering melakukan defragment juga tidak baik, jadi biasanya gunakanlah aplikasi ini ketika perlu atau tergantung penggunaan dari komputer anda, aplikasi ini terdapat pada bawaan instalasi diwindows anda. gunakanlah minimal 1 atau 2bulan sekali atau tergantung pemakaian komputer atau laptop anda.

8. Untuk komputer Pc alangkah baiknya anda mengguakan stabilizer atau stavolt untuk menghindari aliran listrik yang mati mendadak karena bisa menyebakan hardisk pcanda cepat rusak karena listrik yang tidak stabil atau karena sering mati mendadak.

9. Menghapus file file yang tidak anda gunakan atau tidak penting pada hardisk anda , karena semakin banyak ruang kosong di hardisk anda maka kinerja hardisk anda akan lebih baik.

10. Jaga hard disk agar terhindar dari guncangan atau benturan misalnya laptop anda jatuh atau terbentur benda keras maka hard disk akan cepat rusak.

0 Response to "Cara merawat Hard Disk"

Post a Comment

wdcfawqafwef